Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

UIY: Semua Perlu Pendekatan Agama

Minggu, 07 Juli 2024 | 03:45 WIB Last Updated 2024-07-06T20:45:48Z

Tintasiyasi.ID -- Cendekiawan Muslim Ustaz Ismail Yusanto (UIY) mengatakan bahwa semua hal apa pun yang dilakukan perlu pendekatan dengan agama.

"Tidak ada yang tidak memerlukan pendekatan agama. Semua itu adalah (pendekatan) agama," ujarnya dalam Fatwa MUI Menjaga Aqidah Islam, BPIP Tuding Ancam Pancasila di kanal Youtube UIY Official, Kamis (20/06/2024).

Bahkan, lanjutnya, hal kecil seperti menyingkirkan duri dari jalanan saja perlu pendekatan agama. Apalagi untuk hal-hal yang jauh lebih besar.

Maka tegas UIY, pernyataan tidak semua harus dikaitkan dengan akidah adalah pernyataan yang sangat keliru.

Menurutnya, ada satu hal yang sangat penting dari seorang Muslim, yakni bagaimana menjaga akidah. "Keselamatan akidah itu penting, karena itu adalah nilai kita di hadapan Allah Subhanahu wa Taala," terangnya.

Oleh karena itu, UIY mengingatkan agar umat Islam memperhatikan semua perkara. Baik perkara kecil hingga perkara besar. Perkara yang dapat mengganggu bahkan merusak akidah, seperti ucapan selamat kepada hari raya agama lain dan mengucapkan salam lintas agama.

Pernyataan ucapan selamat yang katanya hanya lisan, UIY menjelaskan, ada banyak yang hanya lisan. Contohnya syahadat, "Kalau hanya lisan, lalu mengapa mereka (orang kafir) tidak mau mengucapkan?" tanyanya.

Ini menunjukkan, sambung UIY, lisan bukan hanya sekadar lisan. "Pencemaran nama baik juga hanya lisan, berbohong juga hanya lisan. Artinya lisan juga ada hisabnya, ada nilainya, dan ada standar makna yang harus digunakan. Makna ini saya kira yang harus diperhatikan betul," pungkasnya.[] Istiqamah

Opini

×
Berita Terbaru Update