Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Abah Luky: Mengatasi Bullying dengan Pendekatan, Motivasi, dan Solusi bagi...

Jumat, 28 Juni 2024 | 23:00 WIB Last Updated 2024-06-28T16:00:45Z
TintaSiyasi.id -- Menanggapi maraknya bullying atau perundungan, Founder Yuk Nikah Syar'i Luky B. Rouf menyampaikan penanggulangan kasus bullying ini butuh pendekatan, motivasi, serta mencari solusi, baik kepada korban maupun pelaku.

“Oleh karena itu, kita melakukan pendekatan, kemudian memotivasi, dan penting juga mencari solusi baik kepada korban maupun pelaku. Jangan fokus ke korban saja tapi pelaku juga harus diselesaikan,” papar Abah Luky, sapaan akrabnya, dalam Rubik Podcast "Sepulang Mengajar" Masih Rame Bullying, Siapa Paling Tanggung Jawab? di kanal YouTube Guru Muslim Inspiratif, Kamis (20-06-2024).

Kalau di lingkungan sekolah, tambahnya, pertama, menciptakan lingkungan yang aman dimulai dari culture budaya pergaulan, seperti pentingnya pelajaran adab.

Ia mengatakan, perlu merancang program anti-bullying di sekolah dan bisa mendatangkan narasumber yang dekat dengan gen z sebagai inspirasi baru. “Kedua, terkait sama program anti bullying bisa mendatangkan narasumber dari luar seperti psikolog dan lainnya atau narasumber yang dekat dengan gen z biar ada inspirasi baru,” terangnya. 

Yang ketiga, bagi guru-guru harus diarahkan untuk menyelipkan bahaya bullying juga pemahaman Islam ke pelajaran apa pun.

Menurutnya, tak kalah pentingnya adalah kebijakan sekolah yang tidak bisa lepas dari kebijakan sistem. Kasus bullying yang rumit ini, penyelesaian masalahnya juga harus menyeluruh.

“Yang penting juga di sini adalah kebijakan, di mana kebijakan sekolah kan tidak bisa dilepaskan dari kebijakan sistem. Kasus bullying itu terjadi karena sangat komplek masalahnya, jadi penyelesaiannya juga harus komplek,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa penyelesaian kasus bullying ini dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, sampai negara. “Kalau tadi anak itu diselesaikan di sekolahnya, maka kita bereskan juga dari lingkaran yang terdekat dengan kita, sebagai orang tua di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah sampai negara. Kasus bullying ini  tidak pernah berhenti kalau akar masalahnya tidak diselesaikan,” pungkasnya. [] Nabila Sinatrya

Opini

×
Berita Terbaru Update