Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tiga Tantangan Muslimah Zaman Now

Senin, 03 Juni 2024 | 09:44 WIB Last Updated 2024-06-03T02:45:12Z
TintaSiyasi.id -- Setidaknya ada tiga tantangan yang harus dihadapi untuk menjadi Muslimah yang ideal di zaman sekarang. Hal ini diungkapkan oleh Pemerhati Remaja, Wendy Lastwati dalam Kegiatan Keputrian di SMK Informatika Utama, Jumat (17/5/2024) di Depok.

Aktivis dakwah yang kerap disapa Kak Wendy itu pun merincikan ketiganya, pertama, kurikulum pendidikan sekuler. “Kurikulum pendidikan yang sekuler (agama dipisahkan dalam kehidupan) yang berorientasi pasar, pelajar difokuskan untuk menjadi pekerja di masa depan,” tuturnya di hadapan sekitar 90 siswi.

Kedua, sosial budaya yang permisif. “Dalam hal ini mencakup fashion, film, sosial media, dan makanan,” jelasnya.

Ketiga, racun HAM dalam sistem demokrasi. “Racun tersebut di dalamnya terdapat kebebasan beragama, berpendapat, kepemilikan, dan berekspresi,” terangnya.

Ia pun menambahkan, sistem demokrasi yang berasas dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat ini seolah berpihak pada rakyat, tetapi kenyataannya ketika ada kebijakan yang tidak tepat, rakyat tidak bisa memberikan pendapatnya. 

“Ketika ada kebijakan yang tidak sesuai, rakyat justru tidak bisa memberikan pendapatnya,” ujar Kak Wendy. 

Karakter Muslimah Ideal

Kak Wendy pun memaparkan tentang karakter Muslimah yang ideal. “Dua karakter Muslimah ideal adalah Shalihah dan Muslihah,” paparnya. 

Shalihah menurutnya adalah hamba Allah yang menegakkan hak Allah SWT dan hak pribadinya dengan menunaikan amalan fardhu dan meninggalkan hal yang haram. Sedangkan Muslihah adalah orang yang melakukan perbaikan pada masyarakat, mengarahkan dan menunjuki mereka serta melakukan amar ma’ruf nahi mungkar. 

“Jadi, Muslimah yang ideal itu di antaranya menjadi anak yang shalihah bagi orang tua, menjadi sahabat bagi suami dalam ketaatan, menjadi pendidik bagi anak-anaknya, panutan bagi teman-temannya, berkontribusi dalam dakwah amar ma’ruf nahi mungkar di lingkungannya, dan masih banyak lagi,” bebernya. 

Ia pun mengatakan, ada empat hal yang harus dilakukan oleh Muslimah. “Empat hal yang harus dilakukan oleh kita adalah luruskan niat dan perbaiki jalan hidup, kembali total pada Allah, kenali dan pelajari agamamu, selektif dalam memilih teman, berjama’ahlah dan peduli pada umat Islam,” pungkasnya. []Mustikawati

Opini

×
Berita Terbaru Update